Home > Bacaan Islam > Motivasi luarbiasa dalam menghafal al-Quran

Motivasi luarbiasa dalam menghafal al-Quran

MUROJAAH YUK
Motivasi pagi
Sesungguhnya Al-Quran itu cemburuan. Jangankan ditinggal maksiat, ditinggal kuliah aja hafalannya bakalan hilang kalau tidak di murojaah lagi.
😰😭
satu jam saja kutelah bisa cintai kamu dihatiku, namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidup
Lhooo lhoooo masak hafalan Al-Quran malah sebaliknya😶
Rosul bersabda:
عن أبي موسى عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: تعاهدوا القرآن فو الذي نفسي بيده لهو أشد تفصيا من الابل في عقلها
“Dari Abu musa -semoga
Allah meridhainya- bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: _“Jagalah Al-Quran ini, karena demi Tuhan yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh ia lebih cepat lepas daripada unta dalam ikatannya”. (HR. Bukhari 4645).
Kata “ta’aahaduu” artinya ulang-ulangilahAl-Qur’an dan peliharalah di dalam membacanya serta mintalah pada diri kalian untuk selalu mengulanginya. Janganlah lalai dari menjaga dan mengulang-ulangnya. . sebagaimana seekor unta ia meminta agar tidak terlepas sebisa mungkin. Maka, kapan saja kita tidak mengikatnya, ia akan lari. Begitu juga dengan seorang penghafal Al-Qur’an, jika ia tidak betul-betul menjaganya, maka hafalannya akan hilang bahkan lebih dahsyat lagi dari pada itu.Ibnul Bathal mengatakan: hadits ini sesuai dengan dua ayat dari firman Allah ‘Azza Wa Jalla yaitu:“Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat”. (QS. Al Muzzammil: 5).“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”. (QS. Al Qamar: 17) artinya: barang siapa yang menyambut Al-Qur’an dengan penjagaan yang kuat, maka akan dimudahkan baginya. Dan barang siapa yang berpaling darinya, maka ia akan lepas. (Fathul Baari)
.وعن ابن عمر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مثل القرآن مثل الابل المعلقة إن تعاهدها صاحبها بعقلها أمسكها عليه وإن أطلق ذهبت“
Dari ibnu umar –semoga Allah meridhainya- berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “perumpamaan Al-Qur’an adalah seperti unta yang diikat, jika pemiliknya menjaganya dengan tali pengikatnya, maka ia akan tetap ada (tidak lari). Dan jika pemiliknya membiarkannya, maka ia akan lari”. (HR. Bukhari 4643)
📌*TANBIH*
Sesungguhnya menambah hafalan itu adalah nikmat dari Allah dan murojaah hafalan yang sudah dihafal itu mensyukurinya. Jangan sampai kita ingin diberi nikmat terus tapi tidak maw mensyukurinya. Jangan sampai kita fokus hafalan terus tapi tidak mau murojaah. Bukankah Allah berfirman (jika kalian bersyukur maka akan aku tambah nikmatku). jadi jika ingin nikmatmu ditambah maka bersykurlah, jika ingin hafalanmu tambah sejatinya banyaklah murojaah.
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. QS. Ibrahim/07
Follow IG: @yovi_el faqir @dakwahdanmotivasi
Gabung grup WA: 082335522732 (DAKSI)

Advertisements
Categories: Bacaan Islam
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: