Home > Semester 1 > Teknik Menulis Laporan Penelitian

Teknik Menulis Laporan Penelitian

Kata Pengantar

Puji dan syukur senantiasa kami ucapakan atas ke hadirat Sang Maha Pencipta alam semesta Allah SWT, karena atas rahmat serta ridho-Nya lah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw yang telah membawa kita semua dari jaman jahiliah ke jaman keislaman seperti ini, dan kepada Dra. Hj. Siti Annijat Maimunah, M.Pd selaku dosen pembimbing  yang telah memberikan tugas ini sehingga kami bisa belajar tentang materi ini.

Makalah ini membahas tentang “ Teknik Menulis Laporan Penelitian “. Penulisan makalah ini telah di usahakan dengan semaksimal mungkin, namun karena keterbatasan kemampuan yang kami miliki tentu makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Kami mengharap kritik serta saran dari para pambaca maupun pihak lain demi kesempurnaan pembuatan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita,serta usaha kita semua mendapat ridho-Nya.

Kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dan kerjasama dari semua pihak yang telah mendukung guna mencapai penulisan makalah yang baik.

 

 

Malang, November 2012

                                                                                                                                    Penyusun

 

 

Daftar Isi

 

Kata Pengantar. 1

Daftar Isi 2

BAB I      PENDAHULUAN.. 3

A.     Latar Belakang. 3

B.      Rumusan Masalah. 3

C.      Tujuan Penulisan. 3

D.     Manfaat Penulisan. 3

BAB II     PEMBAHASAN.. 4

A.     Pengertian Penelitian. 4

B.      Teknik Menulis Laporan Penelitian. 4

C.      Hakikat Laporan. 5

D.     Sistematika Laporan. 5

A.      Bagian Pendahuluan, terdiri atas : 5

B.      Bagian Isi 8

C.      Bagian Penunjang, biasanya terdiri atas : 20

E.      Keterampilan. 21

BAB III      PENUTUP. 22

A.     Kesimpulan. 22

B.      SARAN.. 22

BAB IV      Daftar Pustaka. 23

 


 

BAB I          PENDAHULUAN

 

A.      Latar Belakang

Mengingat masih sangat lemahnya kemampuan mahasiswa dalam metodologi dan budaya meneliti di lingkungan insan kampus apalagi dalam melakukan penelitian mereka hanya untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar sarjana. Melihat kondisi yang demikian, sudah saatnya diupayakan percepatan dalam mengerjakan ketertinggalan ini. Salah satu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas penelitian adalah dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang metodologi di lingkungan insan kampus. Semoga dengan pembuatan makalah ini semoga bisa membantu serta memberikan penjelasan kepada mahasiswa .

B.      Rumusan Masalah

a. Apa yang di maksud laporan penelitian ?

  1.  b.  Teknik menulis laporan penelitian ?

c. Apa yang ingin diketahui oleh pembaca ?

d. Bagaimana isi dari sajian laporan ?

C.       Tujuan Penulisan

Makalah ini, di buat sebagai tugas dalam pembelajaran Mata Kuliyah bahasa Indonesia yang mana penulis mencoba mengungkapkan semua aspek tentang  teknik penulisan laporan penelitian.

D.      Manfaat Penulisan

Dengan adanya makalah ini  mahasiswa/i dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana tekhnik penulisan laporan penelitian dan di kembangkan dengan media diskusi yang memberikan wawasan serta pengetahuan.

BAB II       PEMBAHASAN

A.      Pengertian Penelitian

Kata penelitian adalah terjemahan dari kata research.secara etimologi research berasal dari bahasa inggris yakni dari kata re : kembali atau mengulang dan search : mencari. Dengan demikian research berarti mencari kembali atau mencari berungkali. Dengan demikian penelitian adalah suatu proses atau kegiatan yang di lakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengolah dan menganalisis data  serta menyimpulkan dengan menggunakan metode atau teknik tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang ada.

B.      Teknik Menulis Laporan Penelitian

Hal pertama yang harus diketahui oleh penyusun laporan adalah untuk apa laporan disusun dan kepada siapa laporan akan disampaikan. Berdasarkan tujuan dan sasaran laporan, maka isi dan bahasa yang digunakan pun akan disajikan sedemikian rupa agar pembaca memahami maksud laporan tersebut dengan baik. Melaporkan merupakan suatu kegiatan penyampaian atau penyajian fakta-fakta dan pemikiran-pemikiran hasil penelitian yang sudah dilaksanakan.

  • Ciri-ciri penelitian :
  1. Suatu kerja penelitian  menuntut kesabaran dan tidak di lakukan secara terge-gesa.
  2. Pencatatan dan pelaporannya dilakukan secara amat hati-hati.
  3. Kadang-kadang menuntut keberanian.
  4. Menuntut keahlian dan peneliti.
  • Hal-hal yang dibutuhkan oleh seorang peneliti :
  1. Peneliti membutuhkan teori.
  2. Peneliti membutuhkan masalah.
  3. Peneliti membutuhkan rencana.
  4. Peneliti membutuhkan sejumlah data.
  5. Peneliti membutuhkan fasilitas.
  6. Peneliti membutuhkan  kebebasan.

C.      Hakikat Laporan

Melaporkan merupakan suatu kegiatan penyampaian atau penyajian fakta-fakta dan pemikiran-pemikiran hasil penelitian yang sudah dilaksanakan.

 

  • Ciri efektivitas sebuah laporan adalah:

a. Singkat padat, dan berorentasi kepada pembaca.

b. Kelengkapan kejelasan.

  • Beberapa langkah yang harus ditempuh adalah :

a. Mengumpulkan bahan dan informasi

b. Menyusun kerangka laporan

c. Merancang cara penyajiannya

d. Memilih bahasa yang akan digunakan

e. Menepati waktu penyusunan laporan

D.      Sistematika Laporan

Laporan hasil penelitian merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kegiatan penelitian yang dituangkan dalam bahasa tulis. Secara garis besar kerangka laporan penelitian mencakup tiga bagian utama, yakni bagian :

  • Pendahuluan (atau bagian pengantar).
  • Bagian isi.
  • Bagian penunjang.

A.     Bagian Pendahuluan, terdiri atas :

 Halaman judul, lembaran persetujuan, kata pengantar, daftar isi, daftar table, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan.

  • Penulisan Kata Pengantar berisikan hal berikut:

a. Judul penelitian, sistematika penulisan, ucapan terima kasih.

b. Puji syukur, judul penelitian, hambatan.

c. Judul penelitian, hambatan, hasil penelitian.

d. Hambatan, cara pemecahan, ucapan terima kasih.

contoh : misalkan kita meneliti dengan judul Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Membaca Intensif Berdasarkan Kurikulum 2004 “

KATA PENGANTAR

    Hasil laporan penelitian yang berjudul Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Membaca Intensif Berdasarkan Kurikulum 2004 ini merupakan penelitian yang dilakukan di Kelas II SMP Negeri 42 Bandung. Laporan hasil penelitian isi sebagai bahan pemerolehan angka kredit unsur Pengembangan Profesi dan Sub Unsur Melaksanakan Kegiatan Karya Tulis/Karya Ilmiah di Bidang Pendidikan. Sistematika Laporan ini dikembangkan ke dalam lima bab. Bab I Pendahuluan yang isinya mendeskripsikan Latar Belakang Penelitian, Pembatasan dan Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Asumsi, Metode dan Teknik Penelitian. Bab II Kajian Teoretis yang mengupas pembahasan teori, Pengkajian Hasil Penelitian, Kerangka Pemikiran dan Argumentasi Keilmuan, serta Pengajuan Hipotesis. Bab III Metode Penelitian, Populasi dan Sampel, Instrumen Penelitian, Pengumpulan dan Analisis Data. Bab IV Analisis dan Hasil Analisis Data, Hasil Penelitian, Pengujian Hipotesis, Diskusi Hasil Penelitian. Bab V Simpulan dan Saran. Dalam pelaksanaan penelitian, penulis Sekolah Menangah Pertama 42 Bandung yang telah memberikan dorongan dan bantuan fasilitas dalam penelitian. 2. Rekan-rekan guru SMP 42 Bandung yang telah memberikan semangat dan dorongannya. 3. Para Staf Tata Usaha dan para pegawai SMP 42 Bandung yang senantiasa setia membantu berbagai keperluan penelitian.

                                                                                          Bandung, 25 April 2004

 

                                                                                             Penulis

 

 

 

 

 

 

 

  • Daftar Isi
KATA PENGANTAR…………………………………………………………. ii

DAFTAR ISI ………………………………………………………………….. iii

DAFTAR TABEL ………………………………………………………………iv

DAFTAR GAMBAR DAN LAMPIRAN ………………………………………v

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian ……………………………………… ….…1

1.2 Pemabatasan dan Perumusan Masalah …………………… ……….2

1.3 Tujuan Penelitian ……………………………………………………….3

1.4 Asumsi Penelitian ………………………………………………………..4

1.5 Metode Penelitian ……………………………………………………5

BAB II KAJIAN TEORITIS

2.1 Pembahasan Teori …………………………………………. 6

2.2 Pengkajian Hasil Penelitian …………………………………7

2.3 Kerangka Pemikiran………..……………………….……………..8

2.4 Pengajuan Hipotesis …………….. ……………….…………..9

BAB III METODE PENELITIAN

3.1 Tujuan Khusus Penelitian …………………………………10

3.2 Metode dan Rancangan Penelitian ………………………………11

3.3 Populasi dan Sampel. ……………………………………….12

3.4 Instrumen Penelitian ……………………………………….13

3.5 Pengumpulan dan Analisis Data ………………….. ………14

BAB IV HASIL PENELITIAN

4.1 Jabaran Variabel Penelitian ………………………………………………15

4.2 Hasil Penelitian…………………………………………………..…..… …16

4.3 Pengujian Hipotesis ……………………………………………………….17

4.4 Diskusi Hasil Penelitian …………….…………………………………….18

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

5.1 Simpulan …………………………………………………………….…… 20

5.2 Saran-saran ……………………………………………………………. ..21

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………………….…..22

LAMPIRAN-LAMPIRAN

B.     Bagian Isi

Bagian Isi, umumnya terdiri dari beberapa bab yaitu :

A.Permasalahan atau Pendahuluan

Bagian pendahuluan suatu penelitian ilmiah terbagi ke dalam bagian :

ü  Latar  Belakang Penelitian

Isi bagian ini, peneliti mendeskripsikan isu-isu yang terjadi, memuat masalah-masalah yang akan diteliti, dan mengapa perlu diteliti. Cara pengembangannya, peneliti dapat mengungkapkan kesenjangan-kesenjangan yang muncul di lapangan. Selain itu, munculkan pula kerugian-kerugian apa yang mungkin timbul apabila tidak segera dilakukan penelitian. Akan lebih meyakinkan pembaca, peneliti mengungkapkan hasil peneliti terdahulu sebagai landasan penelitian, baik penelitian lanjutan atau menolak penelitian terdahulu.

Untuk mempermudah pengembangan, peneliti dapat menjawab pertanyaan-pertanyan berikut:

a. Apa yang terjadi di lapangan? (isu, gejala, fenomena, atau masalah)

b. Apakah isu, gejala, fenomena, atau masalah itu terjadi kesenjangan?

c. Kerugian apa apabila masalah itu dibiarkan?

d. Keuntungan apakah apabila masalah itu diteliti?

ü Pembatasan masalah

Bagian ini merupakan penyempitan masalah umum yang diuraikan dalam Latar Belakang Penelitian. Dalam penyajiannya sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Oleh karena itu, peneliti memperjelas definisi istilah-istilah yang tergambar dari judul penelitian.Coba perhatikan contoh berikut:

Keefektifan; adalah suatu tindakan atau usaha, sehingga memberikan pengaruh atau akibat dari tindakan atau usaha terssebut.

Pendekatan keterampilan proses; adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang mengutamakan pelibatan siswa secara aktif dan kreatif dengan fokus pembelajaran tidak hanya pada pencapaian tujuan pembelajaran, tetapi juga pada pemberian pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam mencapai tujuan. Dalam penelitian ini pendekatan keterampilan proses yang dimaksud adalah pendekatan dalam pembelajaran membaca intensif yang memandang siswa sebagai subjek belajar melalui kegiatan proses mengarang.

 

ü  Rumusan Masalah

Rumusan masalah biasanya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya, tetapi lebih utama disajikan dalam bentuk uraian.Bagian ini merupakan penyempitan masalah umum yang diuraikan dalam Latar Belakang Penelitian. Dalam penyajiannya sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Oleh karena itu, peneliti memperjelas definisi istilah-istilah yang tergambar dari judul penelitian.Sebagai contoh, peneliti dapat menghubungkan dan mengembangkan dari pembatasan masalah di atas:

1. Apakah pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca intensif berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas II SMP Negeri 42 Bandung?

2. Hambatan-hambatan apakah yang terjadi dalam mengajarkan membaca intensif dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di kelas II SMP Negeri 42 Bandung?

3. Bagaimana cara mengatasi hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pengajaran membaca intensif dengan Pendekatan Keterampilan Proses di kalas II SMP Negeri 42 Bandung?

 

ü Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini menyajikan hasil yang akan diperoleh/dicapai setelah pelaksanaan penelitian. Dengan demikian, rumusannya harus relevan dengan rumusan masalah yang dirumuskan di atas. Dengan kata lain, tujuan penelitian merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam Rumusan Masalah.

Sebagai contoh, coba perhatikan rumusan Tujuan Penelitian di bawah ini :

1. Mengetahui pengaruh yang ada sebagai akibat penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam pembelajaran membaca intensif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II SMP Negeri 42 Bandung.

2. Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang ditemukan dalam penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam pembelajaran membaca intensif di kelas II SMP Negeri 42 Bandung.

3. Mendeskripsikan langkah-langkah pemecahan hambatan dalam pembelajaran membaca intensif dengan pendekatan keterampilan proses di kelas II SMP Negeri 42 Bandung.

ü Manfaat Penelitian;

Manfaat penelitian adalah penjelasan kegunaan yang mendasari argumentasi tentang pentingnya penelitian. Jadi manfaat itu merupakan dampak, baik secara teoretis mapun praktis setelah penelitian dilakukan.

Sebagai contoh manfaat dari judul laporan peneltian di atas adalah sebagai berikut:

Secara Teoretis, proses dan hasil penelitian ini dapat emberikan manfaat berupa uraian-uraian yang berkaitan dengan endekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca intensif. Hal ini, berguna sebagai bahan perbandingan untuk pembelajaran kompetensi lainnya. Secara praktis, manfaat penelitian ini untuk menemukan metode dan teknik yang tepat dan efektif yang dapat dikembangkan para guru dalam rangka meningkatan kualitas hasil pengajaran, khususnya pengajaran kompetensi keterampilan berbahasa.

ü Asumsi;

Asumsi sering juga disebut anggapan dasar merupakan titik pangkal penelitian. Pernyataan asumsi ini berupa pemikiran peneliti yang sudah tidak perlu dipersoalkan lagi atau dibuktikan lagi kebenarannya. Di samping itu, peneliti mengemukakan adanya keterbatasan yang tidak dapat dapat dihindari dan merupakan pembatas ruang lingkup penelitiannya.sebagai  contoh asumsi judul di atas adalah sebagai berikut :

  1. 1.      Kurikulum 2004 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya yang menggunakan pendekatan katerampilan proses, komunikatif, dan kebermaknaan.
  2. 2.      Membaca intensif merupakan keterampilan berbahasa yang harus dilatih secara terus-menerus dan berkesinambungan.
  3. 3.      Tujuan pembelajaran bahasa menekankan kepada kemampuan siswa    dalam berkomunikasi, baik dengan bahasa lisan maupun bahasa tulis melalui kegiatan aktif dan kreatif dapat terlaksana dengan pendekatan komunikatif dan keterampilan proses.

ü  Metode dan Teknik Penelitian.

Metode dan teknik penelitian yang dituangkan dalam bab pendahuluan merupakan garis besarnya saja. Oleh karena itu, peneliti secara singkat menguraikan dari mana dan bagaimana memperoleh data, bagaimana cara menganalisnya, dan langkah-langkah yang dipakai dalam pengambilan kesimpulan.

 

B. Kajian Teori atau Pembahasan Kepustakaan.

  1. 1.      Pembahasan Teori

Bagian ini menguraikan teori-teori yang berhubungan dengan varibel-variabel penelitian. Penulisan kerangka dapat berupa pernyataan kalimat-kalimat atau frase-frase.

Contoh:

a) Pendekatan Keterampilan Proses

1) Dasar Pertimbangan Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses

2) Pengertian Pendekatan Keterampilan Proses

3) Tujuan Pendekatan Keterampilan Proses

4) Bentuk Kegiatan Keterampilan Proses

5) Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi

6) Latar Belakang Lahirnya Kurikulum 2004

7) Komponen-komponen Kurikulum 2004

8) Keterampilan Membaca intensif

9) Tujuan dan Fungsi Membaca intensif

10) Kedudukan Pembelajaran Membaca dalam Kurikulum 2004.

b. Buatlah kartu-kartu dari karton yang berukuran 10 cm X 12 cm.

 

  Judul : …………………. ………………………………………

Pengarang : ………………………………………………………..

 

     Kutipan : …………………………………………………………… ……………………………………………………………

 

Halaman ……………………………………………………….. Penerbit : ………………………………………………………

Tahun Terbit……………………………………………………

 

 

c. Pencarian sumber (buku, surat kabar, majalah, jurnal, internet)

d. Gunakanlah kartu-kartu tersebut ketika membaca sumber, baik di kantor, di sekolah, di perpustakaan, atau di toko buku sekalipun.

e. Setelah dirasakan cukup sumber, tuangkanlah dalam tulisan dengan cara mengembangkan out line di atas.

f. Ketika menuangkan ke dalam tulisan, tidak perlu lagi dihadirkan seluruh buku yang sudah dibaca di hadapan Anda. Anda cukup memilih dan mengurutkan kartu-kartu sesuai dengan kebutuhan.

g. Setelah ditulis paragraf demi paragraf, Anda jangan lupa membubuhkan sumber kutipan.

h. Baca kembali dan revisi apabila ada yang belum runtut dalam penulisan. Gunakan .

  1. 2.      Pengkajian hasil penelitian

Bagian ini berisi pengkajian hasil penelitian terdahulu atau hasil telaah terhadap teori yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti. Cara pengembangannya, peneliti dapat membandingkan, mengkontraskan, meletakan tempat kedudukan masing-masing dalam masalah yang sedang diteliti. Akhirnya, peneliti menyatakan posisi/pendirian disertai dengan alasan-alasan. Untuk memperjelas pemahaman, Anda dapat membandingkannya dengan contoh di bawah ini:

Semiawan (1992:18) menjelaskan bahwa melalui pengembangan keterampilan memproseskan perolehan, anak akan mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan nilai yang dituntut. Keterampilan-keterampilan tersebut akan menjadi roda penggerak di dalam proses penemuan dan pengembangan konsep dan fakta. Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat manyimpulkan bahwa tujuan utama keterampilan proses ini adalah mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar, sehingga siswa menjadi aktif dalam menumbuhkembangkan serta menerapkan kemampuan yang dimilikinya sendiri………………………………………………………………………

  1. 3.      Kerangka pemikiran dan argumen keilmuan

Bagian ini berisi analisis, kajian, dan simpulan secara deduksi hubungan antara varibel berdasar kepada teori dan hasil-hasil penelitian yang telah dibahas di bagian sebelumnya. Dengan demikian, peneliti memaparkan pandangan dan pendapatnya terhadap teori yang diungkapkan secara nyata dan jelas. coba perhatikan contoh di bawah ini.

………………………………………………………………………… Dari pandangan-pandangan para ahli di atas, penulis kaitkan dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca intensif, yaitu dengan cara memunculkan kegiatan yang diharapkan terjadi pada saat pembelajaran membaca berlangsung. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang merupakan prilaku-prilaku yang terjadi di dalam pendekatan keterampilan proses. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah sebagai berikut :Mengamati, Mengklasifikasi, Menafsirkan,Memprediksi,Menerapkan ,Merencanakan Penelitian,mengkomunikasikan .

  1. 4.      Pengajuan hipotesis

Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah atau sub masalah yang diajukan oleh peneliti. Alasan kedudukan hipotesis disimpan setelah Kajian Teoretis, mengingat rumusan hipotesis merupakan penjabaran dari Kajian Teoretis yang harus diuji kebenarannya melalui penelitian ilmiah, apakah akan ditolak atau diterima. Rumusan hipotesis dirumuskan dalam kalimat afirmatif tidak dirumuskan dengan kalimat tanya, kalimat suruh, atau kalimat mengharapkan.Untuk mengetahui apakah suatu kajian teori / pustaka baik atau tidak, maka rujukkanlah pada pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab sebagai berikut :

  • Hal mutakhir apa yang perlu diketahui dalam bidang penelitian kita?
  • Teori apa yang telah ada?
  • Pandangan apa yang perlu diuji?
  • Mengapa mengkaji permasalahan lebih jauh ?
  • Rancangan atau metode penelitian apa yang tidak memuaskan?

C.Metodologi atau Uraian Metode dan Prosedur Pengkajian

Bagian ini berisi pengkajian hasil penelitian terdahulu atau hasil telaah terhadap teori yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti. Cara pengembangannya, peneliti dapat membandingkan, mengkontraskan, meletakan tempat kedudukan masing-masing dalam masalah yang sedang diteliti. Akhirnya, peneliti menyatakan posisi/pendirian disertai dengan alasan-alasan.

  1. 1.      Metode Penelitian

peneliti merinci langkah-langkah apa yang akan dilakukan dengan metode dan teknik dalam penjaringan, pengolahan, sampai pada penafsiran data yang diperoleh dari lapangan. Dengan kata lain, semua prosedur, proses, dan hasil penelitian dari langkah persiapan sampai akhir penelitian dibahas secara mendetai di bagian ini. Sebagai bahan perbandingan dalam menuangkan metode dan teknik penelitian dari judul laporan penelitian.

Sebagai bahan perbandingan dalam menuangkan metode dan teknik penelitian dari judul laporan penelitian di atas adalah sebagai contoh berikut ini :

Motode… dengan demikian, kelompok eksperimen akan mengalami perubahan akibat variabel eksperimen bila dibandingkan keadaan sebelum dan sesudahnya. Berbeda halnya dengan kelompok kontrol, karena tidak diberi perlakuan maka tidak mengalami perbahan. Dengan demikian, akan diperoleh gambaran efektif tidaknya pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca intensif.

Sebagai mana dijelaskan pada bab sebelumnya, teknik yang dipilih dan digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik observasi.

Penggunaan teknik tes bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca intensif. Untuk mengetahui tujuan tersebut, peneliti membandingkan hasil tes yang diperoleh sebelum penerapan pendekatan keterampilan proses dengan hasil tes yang diperoleh setelah penerapan pendekatan. Dengan demikian, prosedur tes yang diberikan adalah pretes dan postes. Penggunaan teknik observasi sebagai teknik penunjang………………………………………………………………


 

  1. 2.      Populasi dan Sampel

Bagian ini menjelaskan di mana dan berapa banyak objek yang diteliti yang dilengkapi dengan kriteria pengambilan sampel secara representatif. Di samping itu, perlu juga dijelaskan alasan pemilihan lokasi dan sampel secara logis dan sistematis. Akan lebih meyakinkan pembaca, peneliti dapat mengaitkan dengan rumusan masalah, latar belakang penelitian, tujuan penelitian, atau dengan cara menganalisis data yang dibahas sebelumnya. Sebagai bahan perbandingan. coba perhatikan contoh berikut:

                                                                      TABEL                                                

JUMLAH SISWA KELAS II SMP NEGERI 42 BANDUNG

TAHUN PELAJARAN 2003-2004

KELAS

LAKI-LAKI

PEREMPUAN

JUMLAH

2.1 11 33 44
2.2 12 22 34
2.3 11 12 23
2.4 23 22 45
2.5 12 22 34
2.6 22 11 33
2.7 22 12 34

 

JUMLAH

113

134

247

 

  1. 3.   Instrumen Penelitian

                        Bagian ini memaparkan pemilihan dan penggunaan istrumen dalam pelaksanaan penelitian disertai dengan alasan dan prosedur penggunannya Untuk mengukur kesahihan dan tingkat kepercayaan instrumen, maka perlu adanya pengujian instrumen penelitian.

Oleh karena itu, peneliti harus mengujicobakan terlebih dahulu instrumen tes kepada siswa di luar subjek penelitian dengan memiliki karakteristik yang sama dengan siswa sebagai sumber penelitian.Untuk memperjelas pengembangan penulisan bagian ini, coba perhatikan contoh di bawah ini.

Dalam penelitian ini sebagai alat penjaring data, penulis menggunakan instrumen berupa lembar tes dan lembar observasi.

Lembar tes digunakan untuk mengetahui seberapa jauh kompetensi membaca intensif dapat diimplemantsikan oleh siswa melalui pendekatan keterampilan proses. Lembar observasi digunakan untuk mengatahui aktivitas siswa dalam mengikuti pelaksanaan pengajaran membaca intensif dengan pendekatan keterampilan proses. Berikut ini pokok-pokok materi soal yang diajukan kepada siswa.

TABEL 3.2 POKOK-POKOK MATERI SOAL

 

No.

 

Pokok-pokok Materi

 

Nomor Soal

     
     
     
     

 

  1. 4.   Pengumpulan dan Analisis Data

 Bagian ini, peneliti mengurutkan jadwal penelitian dan cara-cara mengumpulkan dan menganalisis data yang diperoleh dari lapangan. Di samping itu, peneliti mengurutkan langkah-langkah menganalisis data, baik data kualitatif (hasil observasi) maupun data kuantitatif (hasil tes membaca intensif). Sebagai bahan perbandingan kedua teknik analisis data tersebut, coba perhatikan contoh di bawah ini yang berhubungan dengan judul laporan di atas.

Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

 a. Memilih dan menetapkan wacana yang akan dibaca

b. Menelaah isi wacana

 c. Analisis wacana berdasarkan;

 (1) ketepatan tema dan isi (2) pengembangan paragraf (3) kepaduan antarkalimat dalam paragraf


 

  1. 5.      Tabulasi Data

Tabulasi data penting dilakukan untuk :

a. Menghindarkan pengulangan kata atau kalimat

b. Menyingkat uraian Menetapkan kesimpulan dari sesuatu penyajian atau uraian.

c. Menemukan kemungkinan masalah yang dihadapi

d. Menemukan kemungkinan sebab terjadinya masalah tersebut

e. Menentukan kemungkinan atau alternatif cara pemecahan masalah yang perlu dilakukan

Menyusun Tabulasi Data

Membuat tabulasi data yaitu mengalihkan atau menyusun data dari instrumen yang sudah diklasifikasikan (dikategorikan) ke dalam tabel (daftar) untuk dengan mudah dapat menarik korelasi antara satu data dengan data yang lain dan menarik kesimpulan kuantitatif serta kualitatif dengan lebih tepat dan obyektif.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau harus ada dalam penyajian data dengan menggunakan tabel atau daftar, yaitu :

1. Judul tabel atau daftar yang ditulis di atas tabel

2. Judul baris yang ditulis di bagian kiri dari tabel itu

3. Judul kolom yang ditulis di bagian atas dalam tabel itu

4. Badan daftar atau tabel sesuai dengan kebutuhan

5. Catatan apabila diperlukan

 

 

TABEL

Keadaan Siswa SMP 42 Bandung

Kelas

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

I

II

III

135

128

138

145

 143

132

280

271

 270

JUMLAH

401

420 821

 

D. Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Kajian

Diskusi Hasil Penelitian Dalam bagian ini berisikan uraian, pandangan, atau argumentasi peneliti tentang hasil penelitian yang sudah dilakukannya. Cara pengembangan penulisannya mengacu kepada masalah-masalah dan bagian-bagian lainnya yang dibahas pada Bab Pendahuluan.

  • Jabaran variabel penelitian
  • Hasil penelitian
  • Pengujian hipotesis
  • Diskusi hasil penelitian

E.Kesimpulan dan Saran-saran

  • Simpulan Simpulan berbeda dengan ringkasan, tetapi merupakan pemaknaan peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis pada bab IV. Cara penyajiannya mengurutkan jawaban dari rumusan masalah yang diajukannya. Di samping itu, langkah yang dapat ditempuh dapat berupa pointer maupun uraian berupa essai padat. Langkah essai padat akan lebih baik untuk sebuah karya ilmiah.
  • Saran-saran Bagian ini berisi rekomendasi yang berhubungan dengan hasil penelitian. Cara pengembangannya terlebih dahulu menguraikan argumentasi peneliti dari saran yang diajukan. Adapun saran tersebut diajukan kepada para pembuat kebijakan, para pengguna hasil penelitian yang bersangkutan, atau kepada peneliti berikutnya yang berniat untuk melakukan penelitian lanjutan, anjuran penggunaan hasil penelitian, atau peninjauan peraturan sehubungan dengan hasil penelitian.

C.      Bagian Penunjang, biasanya terdiri atas :

1. Daftar Pustaka

2. Lampiran-lampiran yang diperlukan dalam menunjang isi laporan

Dalam bagian ini dan pembahasan selanjutnya, kita akan membahas bagaimana teknik          atau cara pengembangan laporan tersebut, sehingga lebih mudah dan cepat menyusun sebuah laporan penelitian. Untuk itu, penulis laporan harus memperhatikan norma-norma berikut:

a. Jenis dan spesifikasi kertas yang digunakan adalah HVS A 4 dengan berat 70-80  gram untuk isi, sedangkan cover luar menggunakan kertas buffalo atau linen.

b. Naskah berukuran 21 cm X 28 cm.

c. Naskah diketik dengan huruf yang sama (arial atau times new roman) dengan poin 12, kecuali judul atau sub judul 14 poin dan bold (tebal).

d. Format naskah berjarak margin kiri dan atas 4 cm, sedangkan margin kanan dan bawah 3 cm.

e. Penulisan halaman di awal laporan menggunakan huruf Romawi kecil (i, ii, iii, dan seterusnya), sedangkan dalam isi laporan menggunakan angka Arab (1, 2, 3, dan seterusnya) dan diketik di atas kanan, kecuali pada awal bab diketik di bawah tengah.

E.       Keterampilan yang harus dimiliki peneliti

Untuk meningkatkan keterampilan pembuatan cover, kata pengantar, pernyataan, daftar isi, dan daftar tabel strategi yang dapat ditempuh sebagai berikut :

  1. Tentukan masalah apa yang akan menjadi objek penelitian.
  2. Anda bisa memanfaatkan judul penelitian yang telah disusun berdasarkan tugas yang diberikan pada modul sebelumnya.
  3. Buatlah kerangka penulisan (bukan daftar isi) dari judul yang diperoleh langkah sebelumnya. Ini pun Dari kerangka penulisan di atas, Anda bisa membuat daftar isi
  4. Buatlah pengantar yang intinya mengantarkan isi laporan penelitian dan uraikan pula hambatan-hambatan yang dialami selama penelitian berlangsung. Hal ini, sebagai pijakan untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian.

BAB III      PENUTUP

A.      Kesimpulan

Dalam menilis sebuah penelitian kita harus memiliki kemampuan pengetahuan mengenai hakikat sebuah laporan penelitian dan langkah-langkah penyusunan perangkat tata susunan laporan.

B.      SARAN

Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan bagi para pembaca khususnya para mahasiswa,  kami mohon maaf jika ada kekurangan dalam menjelaskan materi ini dan kami mohon saran dan kritikan agar makalah ini bisa sempurna karena kami hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV       Daftar Pustaka

 

Ibrahim, A. (1972). Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Akbar.

Kasiram. (2008). Metodelogi Penelitian. Malang: Uin Press.

http://en.wikipedia.org/wiki/Rasterisation

Categories: Semester 1
  1. No comments yet.
  1. May 30, 2014 at 7:24 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: