Home > Agama > Tips dan Trik Menghafal Al-Qur’an

Tips dan Trik Menghafal Al-Qur’an

Orang yang hafal Al-Qur’an di sebut Hafid tapi tentu saja semua orang yang hafal AL-QUR’AN tidak masalah di sebut apa dirinya, karna salah satu syarat menghafal Al-Qur’an adalah iklas karna Ingin mendapatkan Ridlo dari ALLAH , jadi janganlah kita menghafal Al-Qur’an karna Riya’ karna ibadah karna Riya’ itu bagaikan semut hitam di atas batu yang hitam di dalam gua yang sangat gelap, jadi tidak pernah terlihat pahalanya di sisi allah.

Di sini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang cara menghafal A-qur’an :

  1. Jika anda ingin menghafal Al-Qur’an alangkah baiknya kalau anda sedikit mengerti tentang bahasa Arab karna jika kita tahu artinya akan sedikit mudah.
  2. Gunakan waktu yang tepat untuk menghafal, misalnya yang biasa sering di lakukan oleh seorang hafid, menghafal setelah magrib, hafalkan 1 halaman jangan terlalu di paksakan jika sudah sedikit hafal maka harus istirahat, terus sebelum tidur di baca sebentar, setelah sholat tahajud baru kita hafalkans secara lancar, sampai baena-benar hafal di luar kepala.
  3. Gunakan AL-QUR’AN yang sama jangan ganti-ganti misalnya kalau Al-qur,an kudus ya kudus
  4. 1 hari jangan menghafal lebih dari 2 halaman karna akan melemahkan hafalan
  5. jika ingin menghafal halman baru, harus membaca halaman sebelumnya yang sudah di hafal karna kebanyakan orang menghafal per halaman mudah tapi, mempertahankan halaman yang sudah di hafal itu agak sulit apalagi jika sudah dapat banyak.
  6. Tips mendasar dalam menghafal baca 1 kalimat  sebanyak 3 kali, 1 kalimat maksutnya satu pemberhentian, lalu hafalkan sambil mengingat per kata, jika sudah hafal lakukan cara yang sama pada waqof berikutnya, ingatlah antara akhir kata kalimat yang sudah kita hafal dan ingatlah awal kalimat yang akan kita hafal karna itu akan memudahkan kita dalam menyambung perkalimat.
  7. jika sudah dapat 1 ayat ingatlah kalimat terakhir dari ayat yang sudah di hafal dan ingatlah ayat pertama yang akan kita hafal, lakukanlah cara yang sama pada ayat-ayat selanjutnya.
  8. satu hal yang penting dalam syarat menghafal AL-QURAN adalah Istiqomah.

mudah-mudahan tips di atas bisa membatu kita untuk bisa menghafal AL-QUR’AN ingatlah bahwa tida ada ritual khusus dalam menghafak al-quran salah satunya hanyala ISTIQOMAH , menghafal AL-QUR’AN memang butuh perjuangan, makanya allah menjanjikan pahala dan kedudukan yang tinggi di sisinya, orang-orang penghafal AL-QURAN adlah orang-orang pilihan, mudah-mudahan kita termasuk dari golongan orang-orang itu,

Keistimewaan orang yang Hafal AL-qUR’AN

  • Insya ALLAH, Allah akan menjamin kedua orang tua kita masuk surga.
  • Ila yaumul Qiyamah jasad kita tidak akan membusuk ketika sudah mati di dalam Kubur (INSYA ALLAH)
  • Di akhrat nanti kita Akan berjalan ke Surga dengan menghafal Al-qur’an.
  • orang yang memuliakan AL-QUR’AN maka dia akan di muliakan oleh ALLAH di hadapan mahkluk-makluk lainnya.
  • di haramkan api neraka baginya (INSYA ALLAH)

Tapi ingatlah kita menghafal AL-QUR’AN harus Iklas ingin mendapat Ridlo ALLAH karna insya allah, hanya ridlo allah lah yang bisa menyelamatkan kita. jangan menghaffal AL-QUR’AN karna ingin mendapatkan keistimewaan-keistimewaan itu.

Ada sebuah Cerita yang menjelaskan bahwa hanya Ridlo ALLAH sajalah yang harus kita Cari

RIDLO ALLAH

Pada jaman Nabi Musa

Suatu hari, Nabi Musa di datangi kaumnya dari kalangan Bani Isroil, “Hai Nabi Musa aku ingin Bicara denganmu”, katakanlah saja hai hamba ALLAH , jawab Nabi Musa. ” aku adalah orang yang selalu taat beribadah kepada Allah sudah 350 Tahun aku selalu berbadah kepadanya, kaulah Nabi yang di sebut sebagai Kalamullah tolong tanyak kepada ALLAH dimanakah tempat aku ketika di akherat nanti?” pinta dari hamba itu, Nabi Musa menyanggupi permintaan dari salah satu hambanya, maka hamba itu pergi dari rumah nabi Musa sambil menuggu jawaban dari nabi Musa, maka nabi Musa langsumg bertanya kepada Allah, ” Ya Allah engkau maha tahu tentang apa yang tidak kita ketahui,dan engakau juga tahu apa yang telah di minta dari salah satu dari Hambaku, di manakah tempat dia ketika di akherat nanti ? “KATAKANLAH KEPADANYA HAI MUSA BAHWA AKU AKAN MENEMPATKAN DIA DI NERAKA YANG PALING BAWAH. nabi Musa mengerti dengan jawaban Robbinya, keesokan harinya hambany datang lagi, hai Nabi Musa sudahka kau tanyak kepada Allah, di manakah tempat aku ketika di akherat nanti ? aku sudah menanyakannya, ALLAH akan menempatkan kamu di NERAKA yang paling bawah, mendenagar jawaban itu hambanya langsung terdiam, dia langsung pergi sesampainya dirumah di langsung merenungkan nasibya, dia tidak tahu apa kesalahannya, tapi akhirnya dia menyadari bahwabukan ibadahnya yang membuat dia bisa masuk syurga tapi hanya ridlo allah, keesokan harinya lagi dia kembali ke nabi musa,sambil membawa permintaan baru, ” Hai Nabi Musa, aku Iklas masuk Neraka, aku Iklas nabi Musa asalkan dengan satu syarat”, apa syaratnya? tanya nabi Musa. tolong mintakan kepada Allah bahwa ibadah aku selama 350 tahun di ganti dengan satu permintaan, yaitu ketika di NERAKA nanti mudah-mudahan allah menjadikan tubuhku menjadi BESAR sehingga dengan tubuhku aku akan menutupi pintu Neraka, dengan begitu para sodara-sodaraku sesama muslim tidak akan ada yang masuk nerakan karna pintunya sudah tertutupi oleh tubuhku”, mendengar permintaan dari umatnya, nabi Musa langsung bertanya lagi kepada ALLAH. ‘ YaAllah engkau mengetahui apa yang tidak kami ketahui, dan engkau juga sudah tahu permintaan dari umatku, aku bertanya sekali lagi di manakah tempat umatku ketika di akherat nanti? “KATAKANLAH KEPADA UMATMU HAI MUSA BAHWA AKU AKAN MENEMPATKAN DIA DI SURGA YANG PALING TINGGI.

Subhanallah dari cerita di atas memberi pelajaran “bahwa bukan ibadah kita yang membuat kita masuk Surga tapi hanya ridlo dari Allah” untuk itu bagi para sodara-sodaraku mari kita ibadah semata-semata iklas karna ingin mendapatkan ridlo dari allah.

Categories: Agama
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: